Bonek

BONEK SUPORTER CERDAS

Sejak semasa perjuangan untuk mengembalikan marwah klub Persebaya Surabaya, Bonek mampu menunjukan transformasi perubahan jati diri yang positif. Mendapat justifikasi yang negatif dari masyarakat secara luas dengan segala tindakan anarkisme yang sangat melekat, ternyata hal tersebut adalah sebuah masa lalu dari perjalanan panjang Bonek.

Sebagai salah satu basis supporter sepak bola terbesar di Indonesia, Bonek tentu menjadi magnet perhatian baik bagi sesame supporter hingga kaum elit politik sekalipun. Tak jarang, banyak politisi dari berbagai partai politik yang melakukan pendekatan persuasif kepada Bonek dan kelompok pendukung lainya.

Hal tersebut kembali terulang, ketika Ketua Umum Parta Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan melakukan safari politiknya ke Jawa Timur dengan melakukan pendekatan kepada supporter sepak bola yang salah satunya Bonek. Sayangnya, peristiwa ini dimanfaatkan oleh para individu yang ingin mengambil keuntungan dari nama besar Bonek untuk beraviliasi menjadi simpatisan partai politik tertentu.

Secara umum, seperti yang tertuang pada amanah konstitusi Republik Indonesia, bahwa setiap warga Negara berhak berdaulat untuk menentukan sikap politiknya. Yang berarti, tidak ada kekuatan satu pun yang mampu mengahaling hak setiap warga Negara dalam berpolitik. Namun yang perlu dicatat adalah, ketika domain atau sikap individu dalam berpolitik disangkut pautkan dengan nama Bonek secara umum adalah cerminan sikap dari implementasi pemahaman politik praktis yang merugikan banyak pihak. Karena tidak semua Bonek memiliki pandangan yang sama terkait pilihan politiknya.

Oleh karena itu, kami sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi di salah satu komunitas Bonek yang ada di Surabaya dengan bangga menggunakan atribut Bonek mengalungkan syal Persebaya saat menerima kunjungan safari politik dari Zulkifli Hasan.

Silahkan saja berpolitik, namun jangan menggunakan nama besar Bonek menjadi tunggangan demi meraup keuntungan yang anda peroleh dari partai politik. Dengan tindakan seperti ini, tentu dapat mencoreng nama baik Bonek yang selama ini telah dibangun dengan cucuran keringat, tenaga, bahkan materi. Karena menurut hemat kami, apa yang anda lakukan, secara langsung menunjukan tingkat intelegensi anda yang rendah dalam mempraktikan politik praktis.

Saya yakin, Bonek mampu besar tanpa bantuan politisi ataupun partai politik. Dan hal itu telah dibuktikan oleh kita semua dalam memperjuangkan hidupnya kembali Klub Persebaya Surabaya dari tangan kotor federasi. Oleh karena itu, ini adalah himbauan kepada seluruh Bonek untuk tidak berpolitik dengan menggunakan nama Bonek, ayo rek mbangun jati diri Bonek dengan cara yang elegan dan cerdas, dan kita punya kemampuan untuk itu. Salam Satu Nyali ‘WANI’

Related posts

Ratu Tisha, Kamu Menggemaskan Deh

Green Nord

Estafetan Bukan Sarana Maling. Usut Tuntas ‘Boling’

Redaksi Green Nord 2

Posko Pengaduan Bonek

Redaksi Green Nord