Bonek

Satukan Tekad, Fokus Dukung Persebaya

SURABAYA-GN27.COM: Ditengah dibekukannya Liga 1 PSSI, dan rasa duka atas tragedi suporter yang baru-baru ini terjadi, Sabtu (29/09/2018) Green Nord 27 Tribune menggelar kegiatan kopdar umum.

Berlokasi di Taman Korea Jl. Dr. Soetomo No 67 Tegalsari, seluruh Bonek penghuni tribun utara tampak antusias dalam menghadiri pertemuan akbar kemarin malam. Dalam ajang silaturahmi tersebut, ada beberapa poin yang berhasil disepakati secara bersama.

Pertama adalah evaluasi bersama dari keseluruhan kinerja sistem Green Nord 27 Tribune. Salah satunya adalah memperbaiki kuantitas serta kualitas vokal, dalam hal ini Capo Pangat mengatakan menjadi seorang suporter kuncinya hanya satu, tulus mencintai tim kebanggaan.

“Ketika sudah didasari cinta, suporter tak akan merugikan segenap element Persebaya Surabaya. Oleh karena itu, sejatinya tugas suporter adalah bernyanyi selama pertandingan penuh untuk mendukung Persebaya,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, memang tak mudah membulatkan tekad untuk mampu bernyanyi penuh selama 90 menit. Namun meski begitu, ada salah satu cara yang sangat mudah untuk setidaknya kita bisa terus bersemangat meski hasil pertandingan tak sesuai harapan.

“Pahami, atau kalau perlu hayati setiap arti lirik dalam chant-chant yang kita nyanyikan selama pertandingan. Karena chant, tak hanya sekadar nyanyian hore-hore semata, melainkan terdapat doa dan harapan yang tertulis,” lanjutnya.

Kesempatan kedua adalah komitmen untuk menjadi suporter yang lebih baik. Dalam artian, sebagai insan yang dianugerahi akal pikiran haruslah bisa lepas dari pengaruh fanatisme buta. Rivalitas memang sangat diperlukan dalam sebuah pertandingan apapun, termasuk sepakbola. Namun, yang masih menjadi tugas bersama seluruh penikmat sepakbola Indonesia adalah memahami dan menerepkan kata rivalitas pada tempat yang sesuai.

Hal tersebut juga tak lepas dari atensi Capo Ipul, menurutnya rivalitas haruslah dipahami dengan pikiran yang dewasa dan jauh dari kata emosional. “Dari fanatisme buta kita (suporter, red) tebak pihak mana yang paling diuntungkan? Jawabannya adalah mafia yang bersarang di federasi dan operator liga,” ungkapnya.

Maka dari itu, Bonek khususnya penghuni tribun utara harus tetap bertekad untuk menjadi suporter yang mau terus belajar agar menjadi lebih baik dalam setiap kesempatan. “Kalimat Happy Persebaya Day harusnya dimaknai oleh para suporter sebagai luapan kegembiraan ketika hadir di stadion dan memberikan dukungan secara penuh untuk Persebaya. Bukannya malah semangat yang dibalut dengan rasa penuh emosional yang memungkinkan bisa merugikan tim kebanggan kita semua,” tegasnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, mulai saat ini mari kita satukan tekad hanya untuk mendukung Persebaya. “Intinya, ayok menjadi insan suporter yang lebih dewasa dan lebih baik dalam memberikan dukungan, dan memaknai arti kata rivalitas yang sesungguhnya,” tukasnya. (AP)

Related posts

Suporter Adalah Pendukung Klub, Bukan Artis Tribun

Redaksi Green Nord 2

#TRUE92EEN Happy 92th Birthday Persebaya

operator website

Dari Bonek, Maklumat Untuk Polisi

Redaksi Green Nord 2