Bonek

Surat Cinta Kami (Bonek) untuk Kepolisian Resort Surabaya 

SURABAYA-GN27.COM : Assalamualaikum, Salam hormat dari kami (Bonek) untuk bapak ibu Kepolisian Negara Republik Indonesia, khususnya dalam hal ini Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya. Sebelumnya ijinkan dalam tulisan ini saya mencurahkan isi hati yang terpendam selama ini. Isi hati dari anak bangsa yang selalu dilanda gundah gulana akan wujud penegakan keadilan.

Kegundahan itu selalu muncul bukan tanpa alasan, karena setiap ada sebuah peristiwa yang menimpa dulur-dulur kami bonek dimanapun berada, selalu terjadi ketimpangan sosial.

Memang, kami bukanlah suporter yang terbaik, akan tetapi selaiknya manusia, kami akan selalu berusaha merubah sikap untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak dipungkiri pula masih ada beberapa dulur kami yang nakal, baik di laga home maupun away. Namun, menurut hemat kami, jika ada Bonek yang masih berbuat nakal silahkan ditegur, pun jika masih ada yang bertindaj kriminal silahkan dihukum sesuai peraturan yang berlaku. Kami tidak akan menutup mata, atau melawan upaya penegakan hukum jikalau memang saudara kami dirasa bersalah.

Menjadi pertanyaan kembali adalah ketika peristiwa itu terjadi dan kami yang menjadi korban. Korban kekerasan, korban kriminalitas, ataupun korban isu-usu tidak jelas lainnya alias ‘hoax’. Bukankah saat ini, polisi juga melawan beredar arus infirmasi palsu atau hoax?

Contoh kasus yang mungkin masih teringat diingatan para dulur kami bonek adalah, kasus pengeroyokan dulur kami saat pengawalan sidang kasus Cak Joner di Pengadilan Negeri Surabaya beberapa waktu lalu. Sejumlah tiga dari lima orang dulur kami yang menjadi korban pengeroyokan beberapa oknum pesilat yang saat itu juga hadir di PN Surabaya.

Akibatnya satu korban dirawat intensif di salah satu rumah sakit di Surabaya. Korban mengalami pendempetan paru-paru dengan jantung akibat pengeroyokan tersebut.

Perkembangan kasus pada saat itu,  sudah kami laporkan ke pihak kepolisian. Akan tetapi, kegundahan akan ketimpangan sosial itu muncul lagi dengan pertanyaan sampai sejauh mana kasus tersebut hingga saat ini? Apakah sudah ada tersangka yang diamankan? Apakah sudah ada beberapa saksi yang dimintai keterangan? Apakah sudah ada tindak lanjut dari pihak kepolisian dalam kasus ini?

Padahal foto-foto dan video sudah viral di sosial media, foto pelaku pengeroyokan pun sudah jelas-jelas di foto tersebut.

Tapi lucunya, beberapa akun resmi kepolisian malah membuat statment bahwa foto tersebut HOAX. Dimana hati nurani Coba bayangkan bapak/ibu di posisi korban dan keluarga korban?

Baru-baru ini juga, setelah laga match home melawan Perseru Serui, ada dulur kami bonek jombang timur yang sedang pulang seusai menonton pertandingan dirampas barang berharganya oleh pihak yang tidak dikenal. Bahkan beberapa dulur kami juga dipukuli. Lalu sejauh mana kasus tersebut sekarang? Apakah hanya cukup sebatas kata ‘turut prihatin’ saja yang bakal dikeluarkan?

Kami (Bonek) juga warga Negara Republik Indonesia. Lantas kenapa kami diperlakukan seperti ini? Jikalau kami berbuat nakal pihak kepolisian selalu gerak cepat menghukum kami dengan pasal-pasal yang sudah ditetapkan oleh undang-undang, tapi kenapa jikalau kami yang menjadi korban seakan-akan kami dilarang memperoleh perlindungan dan kesetaraan hukum tersebut?

Padahal sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 D ayat 1 menyebutkan ‘setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum’.

Lalu dimana letak keadilan untuk kami? Harus kemana kami mengadu di negara yang mengaku sebagai negara hukum ini? Jikalau memang di dunia ini hukum tidak adil bagi kami, tapi kami yakin di akhirat sana Tuhan akan mengadili seadil-adilnya.

Jikalau memang saat ini kebenaran dipalsukan, dan kepalsuan dibenarkan kami yakin Tuhan tidak akan tinggal diam. Beliau-beliau yang menjabat diatas sana sebagi pengayom masyarakat akan diminta pertanggungjawabannya.

Demikian surat cinta kami (Bonek) untuk bapak/ibu Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Related posts

BLACK FOR JHONERLY SIMANJUNTAK

Redaksi Green Nord

Bonek Disaster Response Team, Paramedic Team & SAR Suporter Pertama di Indonesia.

operator website

Meruwat Logika Sehat Suporter

Redaksi Green Nord

2 comments

bodong 7 April 2018 02:07 WIB at 7 April 2018 02:07 WIB

Kamu keren..

Florensia 7 April 2018 08:36 WIB at 7 April 2018 08:36 WIB

Semangat terus bonek bonita .. Yakin semua indah pada waktunya

Comments are closed.

error: Content is protected !!