Bonek

Fashion Bonek, Gunakan Jersey Persebaya! 

SURABAYA-GN27.COM : Sejak Persebaya diakui dan kembali berlaga di liga 2 PSSI, gairah persepakbolaan di Surabaya kembali menyeruak. Mulai dari anak-anak, ramaja, dewasa, hingga tua, semuanya hadir di dalam satu stadion. Selain itu, terdapat satu hal lagi yang unik dan menarik perhatian ketika kita datang ke stadion, yakni ragam kultur fashion yang diadopsi oleh para suporter (bonek, red).

Apa saja fashion Bonek saat ini? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Multi Kultural Fashion Bonek

Berkembangnya era sepak bola modern, tak lepas dari pengaruh pesatnya kemajuan industri sepakbola di Eropa. Mulai dari strategi bermain, infrastruktur stadion, hingga life style para suporternya. Khusus untuk life style suporter Eropa, ternyata hal tersebut juga banyak diadopsi oleh para suporter di Indonesia, tak termasuk Bonek.

Bagi para bonek penghuni green nord tribune, bermacam jenis fashion tampak terlihat jika tiap pertandingan home Persebaya. Ada yang bergaya bak ultras, tak sedikit pula yang meniru holigans, serta masih banyak yang menganut gaya old school.

Ragam kultur ini tampak jelas dalam penghuni green nord tribune atau tribun utara. Keberagaman ini,  menurut Widi Gombez adalah sebuah hal positif, baginya siapa saja bebas memilih style sesuai kehendak hati.

“Keberagaman itu justru menambah keseruan jika berada di stadion,” katanya.

Ia menuturkan, yang perlu dicatat adalah, jangan sampai lupa bahwa kita ini adalah suporter Persebaya, yang memiliki kewajiban secara moral untuk mempertahankan keberlangsungan hidup klub selama mengarungi kompetisi.

“Apapun style yang kita (suporter, red)  adopsi adalah hal yang lumrah. Namun, yang terpenting adalah ketika memasuki stadion kita tetap menggunakan jersey Persebaya. Hal ini semata-mata merupakan sumbangsih kita terhadap pemasukan klub untuk memenuhi segala kebutuhan selama berkompetisi dan teman-teman bonek bisa beli jersey yang ada dipasaran bebas baik yang original maupun yang pas dikantong suporter ,” tambahnya.

Ia menambahkan, mengadopsi style suporter di seluruh dunia, bukan berarti harus menyembah pada sebuah merk/brand produk tertentu.

“Itulah yang sering disalah pahami oleh para suporter kita. Banyak anggapan jika mengadopsi ultras misalnya, harus menggunakan brand/merk produk-produk tertentu, padahal tidak. Justru para suporter di Eropa sangat menyadari salah satu elemen terpenting adalah membiayai klub dengan memberli marchendise klub, meski kiblat kulturnya adalah ultras sekalipun.”

Oleh karena itu, jika ingin mengadopsi sebuah kultur, haruslah dengan pemahaman yang utuh. Karena menjadi suporter adalah panggilan hati, maka dari itu tak boleh setengah-setengah juga dalam style yang akan kita tentukan untuk mendukung tim kebanggaan.

“Untuk itu, sekali lagi demi menjaga keberlangsungan hidup klub kebanggaan, secara pribadi saya menghimbau kepada kawan-kawan semua untuk memulai langkah dengan memakai jersey Persebaya ketika laga home melawan Barito Fc esok hari,” tutupnya.

Related posts

Memutus Rantai Suporter Pengemis

Redaksi Green Nord

Posko Pengaduan Bonek

Redaksi Green Nord

Satukan Tekad, Fokus Dukung Persebaya

administrator

2 comments

Agus 7 April 2018 15:32 WIB at 7 April 2018 15:32 WIB

Salam satu nyali
Satu bonek satu saudara, datang stadion berjersey sangat setuju.

andy prasetiyo 7 April 2018 16:13 WIB at 7 April 2018 16:13 WIB

bukannya kami tidak mau memakai jersey original persebaya tpi maaf kan lah kami yg hanya rakyat miskin kaum kusam kaum pinggiran kaum menengah ke bawah jauh d lubuk hati kami pun ingin membeli dn menggunakan jersey asli persebaya tpi apadaya harga yg begitu mahal tak sanggup kmi raih akhirnya kmi hanya sanggup beli di pkl yg notabene para pkl itu jga org yg mengais rejeki.. kmi hanya bsa berdoa spya yg d beri kelapangan rejeki utk bsa membeli jersey asli persebaya dgn begitu klub kebanggaan arek surabaya ini bsa terus bertahan dn berprestasi.. tpi yakin lah ketika persebaya berlaga kami akan beli tiket asli sekalipun harga 50rbu kmi tdk protes krn kmi sadar hanya sebatas ini lah kemampuan kmi dlam mendukung klub kebanggan kami. salam satu nyali WANI dari bonek dinoyo lor

Comments are closed.