Bonek

Sampai Bertemu Di Gelora Bung Tomo

Loyal Royal Total #3

Surabaya-GN27.COM : Dalam dunia sepak bola, suporter dan klub merupakan dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Begitu pula dengan Bonek yang telah membuktikan loyalitasnya kepada Persebaya, dimana pun berada, baik di dalam maupun di luar stadion. Bisingnya suara teriakan chant 2×45 menit menjadi salah satu ciri khas militansi Bonek dalam mendukung Persebaya. Tidak terhenti disitu, Bonek juga berinovasi dengan menyajikan karya atau kreasi mereka dalam bentuk koreo-koreo yang atraktif.

Fakta yang tidak bisa dipungkiri yaitu suporter adalah nyawa dari klub. Sepak Bola mempersatukan berbagai macam golongan suporter, berbagai latar belakang dan berbagai macam ideologi muncul yang kemudian menghasilkan karya kreatifitas yang beragam. Aksi koreo-koreo suporter telah menjadi tolak ukur bagaimana kreatifitas itu dituangkan menjadi pesan, kritik, pujian hingga filosofi klub itu sendiri.

“Dasar kita membuat koreo untuk menyemangati pemain Persebaya serta memberikan teror kepada pemain lawan,” ujar Ndoweh, koordinator tim kreatif tribun utara. Namun, lebih daripada itu, Koreo juga bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan pesan sosial kemanusiaan bahkan kritik kepada Manajemen. “Untuk kritik ke manajemen melalui koreo adalah dimana saat kita mencoba mengkritik atau memberi saran tapi tidak didengarkan”. tambah Ndoweh.

Terlepas dari makna dan tujuan koreo, dalam pembuatannya dibutuhkan tenaga dan materi yang tidak sedikit. Dana operasional pembuatan semua karya kreatifitas tribun Utara murni dari Bonek sendiri, tidak ada hubungannya dengan manajemen Persebaya atau Instansi bahkan Partai Politik sekalipun. Ini juga sebagai bukti kemandirian dalam berkarya, dari Bonek untuk Persebaya.

“Dalam tribun Green Nord, koreo dibuat karena panggilan hati, dana didapatkan dari putar kardus disetiap kopdar dan match home. serta sumbangan dari tiap komunitas dalam tribun Green Nord. jadi tidak ada komunitas diistimewakan karena semua sama, karena ini adalah rumah kita yang harus dijaga bersama.” tutup Ndoweh.

Mandiri Berkarya dan swadaya untuk kebersamaan adalah cara mencintai dan memberi dukungan Bonek di tribun Green Nord kepada Persebaya.

Related posts

Bonek dan PSHT Pacitan jalin Silaturrahim

Redaksi Green Nord

Ia Bernama Micko Pratama

Redaksi Green Nord 2

BLACK FOR JHONERLY SIMANJUNTAK

Redaksi Green Nord