Bonek

‘Atittude’ Our Tribun Our Rules?

SURABAYA-GN27.COM : Jika Green Nord 27 Tribune ibarat sebuah rumah, maka Our Tribune Our Rules adalah sebuah aturan yang harus dipatuhi oleh siapapun keluarga dan tamu yang berada dan berdiri di tribun utara.

Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak para penghuni yang tidak mengikuti aturan-aturan tersebut. Entah mereka yang tidak tau atau tidak mau tau akan keberadaan aturan tersebut.

Mulai dari pakaian, bukankah sejauh ini Tribun Utara sudah mendeklarasikan bahwa ketika mendukung Persebaya harus mengenakan Jersey? Lalu kenapa masih banyak Bonek yang datang dan beridri di Tribun Utara tidak mengenakan jersey Persebaya? Jika kalian (Bonek, red) tidak lagi bangga mengenakan lambang Persebaya di dada, buat apa kalian selalu koar-koar mencintai Persebaya?

Bagi kami budaya berjersey secara tidak langsung membuat kita turut merasakan apa yang pemain rasakan, dan juga membuat kita terlihat sama rata tanpa harus memandang dari mana kalian berasal.

Belum lagi, terkait rules no selfie, apabila kalian berdiri di Tribun Utara, hanya untuk berselfie ria demi mendapatkan ketenaran, kalian salah tempat. Tribun Utara bukan media untuk background foto anda. Persebaya pun tidak butuh foto-foto dan caption syantik anda di sosial media, karena kami menyadari Bonek adalah suporter Persebaya, bukan artis Persebaya.

Selanjutnya adalah banyaknya Bonek yang juga masih nangkring di pagar Tribun Utara ketika Persebaya bertanding. Pagar tribun bukan tempat untuk mendukung, secara harmonisasi tribun, area tersebut telah diperuntukan bagi pengibar giant flag. Jika kalian berdalih capek atau tidak nyaman, maka seharusnya kalian tidak usah datang ke stadion. Bukankah jauh lebih nyaman anda mendukung Persebaya melalui layar kaca saja? Atau diantara Bonek yang nangkring di pagar tribun supaya bisa terlihat di frame kamera?

Sementara rules terakhir, adalah berdiri dan bernyanyi 2×45 menit selama Persebaya bertanding. Ya, jika kalian sudah memutuskan untuk datang ke stadion dan berada di Tribun Utara, seharusnya kalian sudah tau apa yang harus anda lakukan. Tribun Utara adalah tempat untuk memberikan dukungan kepada tim selama 90 menit tanpa henti. Tidak ada alasan kalian berhenti bernyanyi selama pertandingan berlangsung, karena kita adalah suporter.

Patuh dan tertib, bukanlah menjatuhkan harga diri atau martabat kita sebagai Bonek selama berdiri di Tribun Utara. Tanpa bermaksud tendensi atau menyudutkan, Our Tribun Our Rules adalah panduan kita (Bonek, red) untuk naik level baik secara kualitas dan kuantitas.

Menang Karena Berjuang, Bukan ‘Takdir’

SURABAYA-GN27.COM: Tiga pertandingan terakhir dalam lanjutan Liga 1 PSSI, Persebaya tercatat selalu mendapatkan kekalahan. Ditunjukan Bejo Sugiantoro sebagai Caretaker Persebaya, nyatanya mampu mengangkat moral dan mental pemain.

Hal tersebut terlihat dalam pertandingan kontra Persela Lamongan, Minggu (5/08/2018). Para pemain Green Force tampil ngeyel ‘ngoset-ngoset’ bak tampil seperti pada laga final.

Baru di menit ’16 David D Silva mencatatkan namanya di papan skor, ia berhasil membuat gol pertama setelah mendapat umpan terobosan dari Robertino Pugliara. ke gawang. Disusul gol Rendi Irwan pada menit ke ’28 setelah melakukan aksi soloran di depan kotak penalti lawan, dan diakhiri dengan eksekusi tendangan melengkung di sudut atas tiang penjaga gawang Persela.

Primanya kondisi pemain tengah Persebaya, membuat David Da Silva smakin on fire. Mendapat umpan terobosan dari Rendi Irwan, penyerang asal Brasil ini tanpa ampun menghujamkan bola ke gawang tim lawan, dan membuat skor menjadi 3-0 bagi keunggulan Bajol Ijo.

Menurut sang pelatih, Bejo Sugiantoro mengatakan, kemenangan yang diraih adalah berkat hasil perjuangan pemain yang tak kenal lelah.

“Para pemain sebenarnya sudah berkualitas baik, tugas saya hanya menaikan moral dan mental bermain mereka,” tegasnya.

Permainan kemudian, ditutup oleh cetakan gol dari pemain Persela Lamongan yang menjadikan skor akhir menjadi 3-1. Persebaya mampu membuktikan kebangkitannya. Tak hanya dari torehan hasil akhir pertandingan dengan kemenangan, namun dari skema permainan juga menunjukan perubahan yang positif. Artinya, hasil yang didapatkan di lapangan tidak serta merta itu menjadi ‘takdir’ kita, tapi seberapa perjuangan kita. (AP/AY/HB)

Related posts

Aduhh.. Suporter Big Match, Klubnya Mengeluh

administrator

No Leader Just Together

Redaksi Green Nord 2

Evaluasi? Omong Kosong.

operator website