Bonek

Di Balik ‘Persebaya Emosi Jiwaku’

SURABAYA-GN27.COM: Setiap karya yang terlahir tentu memiliki arti sejarah tersendiri bagi penciptanya. Tak berbeda jauh dengan salah satu chant bonek yang berjudul ‘Persebaya Emosi Jiwaku’. Diciptakan oleh Alm. Oka Gundul, ‘Persebaya Emosi Jiwaku’ lahir disaat masa perjuangan mengembalikan kiprah Persebaya di kancah sepakbola tanah air.

Hal tersebut dibenarkan oleh Abryanto Pratama, salah satu tanggota tim kreatif Green Nord 27 Tribune ini mengatakan, terdapat banyak makna yang terkandung di dalam lagu tersebut. Salah satunya adalah, pemantik semangat bonek saat melakukan perlawanan terhadap federasi yang secara sepihak mematikan tim berjuluk Bajul Ijo itu.

“Semangat kawan-kawan pada masa-masa itu, sangat tergambar jelas di dalam lirik chant ini (Persebaya Emosi Jiwaku, red). Dan menjadi penyimpul serta penegas bahwa bonek tak akan lelah dalam menyuarakan sebauh kebenaran,” katanya kepada reporter Greennord27.com.

Pria yang akrab disapa Abrek ini juga menambahkan, chant ini pertama kali populer ketika kala itu Green Nord melakukan chant class di Lapangan Karanggayam. Chant class merupakan salah satu tradisi Green Nord 27 Tribune untuk menyatukan suara bonek, serta melatih kemampuan vocal para suporter.

Tak perlu waktu yang lama, chant ini menjadi salah satu favorit para bonek untuk dinyanyikan pada masa perjuangan yang lalu. Romansa semangat heroisme terangkum jelas dalam bar lirik-lirik seperti berikut.

Di dalam stadion, kita bersaudara,
Satu cita dukung Persebaya,
Semangat membara, bernyanyi bersama,
Demi sebuah mimpi jadi juara,
Semangat kami tak pernah padam,
Suara kamipun tak akan pernah hilang,
Yakinilah bahwa kau tak akan sendirian,
Di sini, kami selalu mendukungmu.

“Di sisi lain, chant ini juga menjadi salah satu media pemersatu bonek. Dihadapan Persebaya kita semua sama, tak ada yang perlu diperdebatkan dengan cara masing-masing dalam aktualisasinya dalam mendukung tim kebanggaan,” tukasnya. (AP/HB)

Related posts

BONEK YANG SELALU KREATIF DAN ATRAKTIF

Redaksi Green Nord 2

Kelola Sepakbola Indonesia, Dimana Kata Profesional Hanya Mimpi

Redaksi Green Nord

Laga Emosional The Big Man, ‘Terimakasih Surabaya’

Redaksi Green Nord 2

1 comment

Sahabat oka 25 October 2018 07:38 WIB at 25 October 2018 07:38 WIB

Semoga mas Oka tenang di alam kubur. Doa terbaik untuk mas Oka Aamiin

Comments are closed.

error: Content is protected !!