Bonek

Meruwat Logika Sehat Suporter

SURABAYA-GN27.COM: Cemerlangnya penampilan Osvaldo Haay dalam lanjutan Liga 1 PSSI kontra Madura United, ternyata menyita banyak perhatian dari berbagai kalangan penikmat sepakbola tanah air, khususnya Kota Surabaya. Bagaimana tidak, dalam sejarah karirnya sebagai pesepakbola, catatan hattrick bersama Persebaya Surabaya kemarin adalah pertama kali baginya.

Catatan prestasi tersebut, tentu menjadi oase setelah dalam beberapa pertandingan dirinya nyaris tanpa kontribusi signifikan kepada tim. Laiknya, sebagai atlet profesional lainya, jika performanya sedang menurun atau diluar ekspektasi, maka sebuah hal yang wajar jika mendapat kritikan, termasuk dari kalangan suporter.

Ya, dalam era sepakbola modern kali ini, tentu membuat ruang lingkup komunikasi antara suporter dan pemain serta management semakin terbuka. Dalam hal ini, suporterlah yang berperan sebagai penjaga marwah sang tim, dikala pihak management hanya memikirkan dari segi keuntungan tim semata. Lewat berbagai kritikan, harapan suporter adalah para pemain ini bisa lepas dari performa buruk mereka. Dan segera bangkit, untuk memberikan kontribusi kepada tim melalui penampilan terbaiknya.

Yang perlu dibangun dari kesadaran para suporter adalah, kritikan bukanlah racun yang akan menghancurkan masa depan sebuah klub atau pemain, bahkan para jajaran pelatih. Justru melalui kritikan, sebuah klub akan menjadi dinamis, dan tercipta kedekatan yang positif diantara semua element yang menginginkan timnya berjaya dalam sebuah kompetisi.

Berkat kritikan dari para suporter, Osvaldo Haay pun mengucapkan terima kasihnya. Dia mengaku, kritikan dari suporter adalah pemacu semangatnya dalam menunjukan permainan terbaik.

“Saya rasa ini bukan jawaban atas kritikan yang bonek lakukan. Meskipun di kritik terus, kembali kepada diri kita menanggapinya seperti apa. Dan saya tak perlu berpikir seperti itu, saya hanya berpikir bagaimana bermain untuk mengangkat peforma tim,” katanya.

Tak hanya itu, melalui akun Official Persebaya, Osvaldo Haay juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh suporter atas dukungannya selama ini.

“Terima kasih kepada bonek, tetap dukung kami terus dalam setiap pertandingan. WANI,” tutupnya. (AP/RA)

Related posts

Surat Cinta Kami (Bonek) untuk Kepolisian Resort Surabaya 

Redaksi Green Nord 2

#bonekumentary. Satu Bonek Untuk Semua

operator website

Open Recruitmen Firm Green Nord 27 Tribune

Redaksi Green Nord