Bonek

Balas Dendam Atau Harga Diri

SURABAYA-GN27.COM : Sedang ramai menjadi perbincangan publik khususnya kalangan suporter, mengenai track record atau kiprah Komisi Disiplin (komdis) PSSI dalam menjatuhkan hukuman kepada klub peserta Liga 1 dalam 1 bulan terakhir. Rentetan kebijakan inilah yang lantas menjadi bayang-bayang bagi para suporter tatkala mereka membuat onar atau rusuh selama pertandingan di dalam stadion. Ancaman hukuman tidak bisa menonton klub kebanggaan secara langsung ternyata cukup efektif memberikan efek jera.

Namun, dalam artikel kali ini kita tidak membahas sanksi, ataupun kinerja komdis itu sendiri. Laga besok, Persebaya Surabaya kontra Persija Jakarta laiknya laga penuh aroma balas dendam. Berbagai peristiwa, intrik, hingga konflik, silir berganti mengiringi penyelenggaraan leg laga pertama. Hal tersebutlah yang kemudian bergulir panas pada grass root kedua kelompok suporter.

Bagi bonek terutama, laga besok tentu memiliki nuansa membalas apa yang telah dilakukan oleh suporter Persija beberapa waktu yang lalu. Yah, kalaupun ingin membalas itu bukanlah hal yang sulit bagi kita mengingat besok kita adalah tuan rumah.

Akan tetapi, dengan membalas perilaku yang sama, pertanyaannya adalah apakah bonek sama dengan the jak? apakah bonek akan menjadi suporter pengecut seperti the jak? apakah bonek menjadi suporter bodoh dan kampungan seperti the jak?

Bagi Green Nord 27 Tribune harga diri yang sesungguhnya adalah kejayaan Persebaya. Jati diri sesungguhnya adalah melihat Persebaya menjadi juara sejati. Karena bagi kami, I Green Force Till I Die.

Jangan jadikan diri kalian sebagai pecundang, dengan membalas perilaku yang sama kepada pecundang lainya. Tapi tunjukan jati diri, harga diri, dan mentalitas juara sebagai suporter sejati. Ajarkan kepada mereka, bagaimana kita berjuang, berpeluh keringat, berkorban darah demi mengembalikan kehidupan Persebaya Surabaya dari tangan bengis penguasa federasi.

Saat ini, setelah kesemuanya itu kembali, Persebaya berlaga di kompetisi resmi. Tugas kita tinggal satu, mengawal dan mengantarkan kejayaan kembali kepada Persebaya Surabaya. Dukung secara penuh setiap tim ini berlaga, demi meraih konsistensi kemenangan, karena hanya kemenanganlah jalan terdekat menuju juara.

Menjadi juara itu bukan sebuah kepastian, namun berjuang adalah sebuah keharusan. Jadilah suporter cerdas yang senantiasa merawat logika berpikir yang sehat.

Salam Satu Nyali. WANI (AP)

Related posts

Kelola Sepakbola Indonesia, Dimana Kata Profesional Hanya Mimpi

Redaksi Green Nord

Ini Suara Kami, Bonek Suporter Persebaya

Redaksi Green Nord

Memalukan. Jika Tidak Ada Perubahan, Silahkan Angkat Kaki.

operator website
error: Content is protected !!