Bonek

Ini Suara Kami, Bonek Suporter Persebaya

SURABAYA-GN27.COM : Setiap chant yang tercipta sejatinya memiliki makna dan filosofi tersendiri bagi penciptanya. Terlebih bagi chant ‘Suara Bonek’ menurut kesaksian Andi Peci salah satu bonek mengatakan, jika ditilik lebih dalam, chant ini merupakan manivestasi dari pergerakan bonek semasa perjuangan 5-6 tahun yang lalu.

“Seingat saya lagu ini (suara bonek, red) diciptakan oleh Alm. Oka Gundul jauh sebelum Persebaya bangkit, lebih tepatnya saat kongres di bandung 08 Januari 2017 yang lalu. Sebelum kongres, lagu ini memang sering dinyanyikan, tapi tidak semua paham dan tau lagu ini, hanya beberapa tribune saja,” katanya.

Ketika ditanya mengenai makna dari chant ‘Suara Bonek’ ini, Andie Peci mengungkapkan, Ketika lagu ini dibuat, Alm. Oka Gundul selalu berdikusi dengan saya, ia juga menanyakan apakah liriknya sesuai atau tidak.

” Seperti potongan lirik ‘tak akan pernah ragu, tak ada kata mundur, sebab mundur adalah sebuah pengkhianatan’, merupakan potongan lirik yang diambil dari orasi yang biasa saya bawakan dan teriakan-teriakan massa ketika aksi-aksi bela Persebaya. Mundur dalam hal ini diartikan sebagai kalah sebelum berperang bukan kalah sebelum bertanding. Dari kalimat ini, Oka memiliki harapan teruntuk bonek, dan para punggawa tidak mundur dari hal apapun untuk meraih kejayaan, seperti tekanan dari pemain lawan, suporter lawan maupun dari PSSI,” ungkapnya.

Tak hanya itu, menurutnya, chant ini merupakan salah satu lagu yang memiliki struktur pemaknaan yang lengkap, serta menjadi salah satu chant favorit bagi suporter untuk dinyanyikan di semua momen, baik itu di dalam stadion, atau di luar stadion, bahkan dalam aksi-aksi membela Persebaya.

Di belakang pagar tribun
Kami terus bersuara
Untuk bangkitkan semangat pemain di lapangan
Ini suara kami…
Selama kami masih tegak berdiri
Kau tak akan pernah bertanding dan berjuang sendirian
Berikanlah kami sebuah kemenangan demi kehormatan Surabayaku tercinta
Kami tak akan pernah bisa berpaling darimu
Selama..darah kami masih tetap hijau kami akan selalu..
Selalu mendukungmu..

“Chant ‘Suara Bonek’ ini wujud representasi dari bagaimana rasa loyal, royal, dan totalnya bonek dalam memberikan dukungan kepada Persebaya. Mereka akan terus mendukung Persebaya, bahkan ketika Persebaya mengalami dualisme dan dipaksa mati oleh federasi. Karena bagi Bonek, Persebaya tak hanya sebuah nama, namun Persebaya adalah simbol sebuah kebanggaan,” tutupnya. (AP/RA)

Related posts

Hasil pertemuan Bonek dan PSHT

Redaksi Green Nord

Persebaya Harga Diri Kami

operator website

Teror Bonek Rusak Fokus Pemain Lawan

Redaksi Green Nord 2
error: Content is protected !!