Bonek Green Nord

Bonek Disaster Response Team, Paramedic Team & SAR Suporter Pertama di Indonesia.

SURABAYA-GN27.COM : Satu lagi, sebuah inovasi kembali dihadirkan oleh Bonek. Bernama, Bonek Disasters Respons Team (BDRT) adalah Paramedic Tim serta SAR pertama di Indonesia, yang didirikan dan beranggotakan para suporter.

BDRT didirikan sejak Oktober 2018 dan ternaung di dalam Green Nord 27 Tribun. Selain memiliki kemampuan SAR yang dibutuhkan saat terjadi bencana alam, BDRT juga mendirikan posko kesehatan yang selalu siap memberikan penanganan tim medis kepada para suporter pada setiap match home.

Kordinator BDRT, Bojes mengatakan berawal dari rasa keprihatinan atas tidak tersedianya pos atau tim kesehatan di stadion yang secure khusus untuk menangani kebutuhan medis bagi para suporter.

“Oleh karena itu, kami berinisiatif menghadirkan BDRT initiative sebagai tim tanggap Dan sigap memberikan pertolongan medis pertama kepada para seluruh suporter saat mendukung Persebaya di dalam Stadion,” Katanya.

Tak hanya itu, lanjut Bojes, BDRT juga mengemban misi kemanusiaan lainya seperti memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam di seluruh wilayah Indonesia.

“Bekerja sama dengan tim SAR Surabaya, melalui berbagai macam pelatihan sampai pada akhirnya kami memiliki kemampuan search and rescued yang sesuai standar operasional seperti Basic Life Support, dan Medical First Respons. Dengan kemampuan inilah, kami mengabdikan diri kepada masyarakat yang terdampak bencana alam,” Lanjutnya.

Sejauh ini, BDRT beranggotakan 25 orang yang terbagi dalam 10 orang dengan kemampuan SAR, dan 15 orang berbekal kemampuan paramedis.

“Sampai saat ini, kami terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam di Lombok, Palu, dan Banten. Serta turut membantu dalam proses pencarian para pendaki yang hilang di Gunung Arjuno,” Ceritanya.

Memiliki pedoman ‘Kemanusiaan diatas segalanya’ BDRT terus memberikan good mind terhadap suporter melalui berbagai kampanye positif.

“Teruntuk Bonek, mendukung dengan cerdas tanpa resiko atas keamanan, kenyamanan, dan keselamatan, adalah mindset utama yang harus diterapkan pada saat di dalam stadion. Karena kita semua tidak mau lagi, ada suporter yang meregang nyawa hanya karena tindakan lalai dalam menjaga diri,” Ujarnya.

Ia juga menambahkan, BDRT membuka diri bagi siapapun untuk turut bergabung dalam misi kemanusiaan yang selama ini diusung.

“Tak susah jika ingin bergabung dengan kami. Pertama harus memiliki jiwa ikhlas, dan memiliki kemauan untuk mengikuti segala proses pelatihan dasar, dan berpegang teguh pada ideologi bersama yakni Loyal, Royal, Total,” Tukasnya. (AP/DE)

Related posts

Teror Bonek Rusak Fokus Pemain Lawan

Redaksi Green Nord 2

Where’s The Justice?

Redaksi Green Nord

Hadapi Persebaya, Curva Boys 1967 Berangkatkan 40 Truck

Redaksi Green Nord
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: